breaking

clean-5

clean-5

clean-5

clean-5

/ / Menggunakan Fungsi VLOOKUP Pada Excel 2007

Share This
VLOOKUP adalah suatu fungsi Excel untuk mencari dan mengambil data dari suatu table referensi atau data range berdasarkan suatu nilai tertentu.

VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya yang mencari data secara vertikal atau baris demi baris.

Fungsi ini sangat populer digunakan sejak versi awal Excel sampai sekarang. Apabila Anda bekerja sehari-hari dengan Excel maka bisa dipastikan akan menggunakan VLOOKUP ini.

Untuk mengilustrasikan cara kerja dari VLOOKUP, perhatikan gambar berikut.

Ilustrasi Proses Kerja VLOOKUP
  1. Cell data sumber dengan kode kota MKS akan digunakan sebagai lookup value ke suatu tabel referensi yang berisi kode dan nama kota.
  2. Data pada kolom pertama di tabel referensi, yaitu BDG, JKT, LMPMDNMKS,dan SMD akan dicocokkan dengan lookup value MKS.
  3. Proses pencarian ini akan menemukan data pada baris ke 5 di tabel referensi.
  4. Pada posisi di baris ke 5, kita akan mengambil nama kota yang terdapat di kolom ke 2 yaitu Makassar. Nilai inilah yang akan kita dapatkan dari fungsi VLOOKUP.
  5. Selesai.
Setelah mengerti proses di atas, maka berikut adalah syntax dari fungsi VLOOKUP yang mungkin dapat Anda langsung pahami. 
VLOOKUP(lookup value, tabel referensi, nomor kolom)
atau
VLOOKUP(lookup value, tabel referensi, nomor kolom, tipe)

Penulis tidak akan menjelaskan lebih jauh fungsi tersebut, tapi akan langsung ke praktek penggunaannya.

Praktek Penggunaan VLOOKUP

  • Download file vlookup_kode_nama_kota.xls.
  • Buka file tersebut dengan aplikasi MS Excel.
  • Pada Sheet1 terdapat 2 table yang terpisah dengan judul Tabel Sumber dan Tabel Referensi.

  • Pada Tabel Sumber ada kolom Asal Kota yang datanya masih kosong semua. Semua cell kosong ini datanya akan dicari dan diambil dari Tabel Referensi.
  • Tempatkan kursor pada alamat cell D4.
  • Tuliskan rumus berikut pada cell tersebut dan tekan tombol Enter.

    =VLOOKUP(C4,$G$4:$H$9,2)



    Keterangan:
    - C4 adalah merupakan cell untuk lookup value.
    - $G$4:$H$9 adalah range statis untuk tabel referensi yang kita butuhkan.
    - 2 adalah nomor kolom yang kita ingin ambil datanya dari tabel referensi.
  • Rumus tersebut akan mengisi nilai Makassar pada cell D4. Hal ini sudah sesuai dengan keinginan kita.

  • Copy cell D4 tersebut ke cell-cell di bawahnya sampai alamat D9.

  • Rumus VLOOKUP akan mengisi semua cell dengan baik sesuai tujuan kita.

  • Selesai
Demikian para pengunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika ada kritik dan saran untuk perbaikan artikel ini boleh infokan melalui komentar di bawah ini ya...
«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama


Tidak ada komentar: